Logo

Desa Matak

Kabupaten Kepulauan Anambas

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Serah Terima Pelabuhan Roro Matak

Serah Terima Pelabuhan Roro Matak

4 Juni 2024
Ditulis oleh Desa Matak
Dilihat 384 kali

Pelabuhan penyeberangan Roro Matak telah resmi dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas.

Peresmian itu, setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Kepri melakukan serah terima kepada Pemkab AnambasKepala BPTD Kelas II Kepri, Dini Kusumahati mengatakan, Pelabuhan Roro Matak ini sangat berperan penting bagi masyarakat Anambas. Menurutnya, arus perputaran ekonomi selama adanya Pelabuhan Roro ini terus mengalami peningkatan yang cukup pesat. "Setelah kami lepaskan dengan serah terima pengelolaan ini, Pemkab Kepulauan Anambas kiranya bisa lebih komitmen dan mampu mengoptimalkan fungsi pelabuhan ini lebih baik lagi," ucapnya saat ditemui di Pelabuhan Roro Matak.

Lanjut dia, pihaknya berharap nasib pelabuhan Roro Matak ini tidak terbengkalai setelah dioperasikan oleh Pemkab Kepulauan Anambas. Dini juga mengemukakan, dengan letak geografis Anambas yang kepulauan, pihaknya akan turut mendorong program pembangunan infrastruktur moda transportasi laut dari Kemenhub RI.


Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub-LH) Anambas, Abdul Kadir mengaku pihaknya siap untuk mengoperasikan pelabuhan Roro Palmatak. Pihaknya mengaku akan segera mendukung pelatihan staf Dishub-Lh untuk mengoperasikan pelabuhan serta cara melayani masyarakat yang ingin menggunakan jasa pelabuhan. "Kami telah beberapa kali training staf disini persisnya turun-naiknya penumpang kapal. Belajar bagaimana cara pengoperasian pelabuhan dan cara melayani penumpang. Dari proses ini kami yakin untuk mengoperasikan sendiri pelabuhan ini," katanya. Kemudian dengan dikelolanya Pelabuhan Roro Matak, pihaknya optimis dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pass penumpang dan pass kendaraan.


"Setiap keberangkatan kapal, penumpang maupun kendaraan kita kenakan pass sesuai perda yang berlaku. Ini meningkatkan PAD kita," sebutnya. Senada dengan itu, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih dengan serah terima pengelolaan Pelabuhan Roro Matak dari BPTD Kelas II Kepri kepada pihaknya.


"Kami akan berupaya memgoptimalkan dan memberi perhatian penuh untuk Pelabuhan Roro ini. Karena ini sarana pendukung yang kami butuhkan di wilayah kepulauan ini," tuturnya.


Sebagai informasi, Pelabuhan Roro Matak dibangun pada tahun 2011 dan selesai tahun 2017. Untuk pengoperasian oleh Kemenhub RI melalui BPTD Kelas II Kepri baru dimulai pada tahun 2018.

Kemudian pengalihan kelola lewat serah terima kepada Pemkab Kepulauan Anambas baru dilaksanakan pada tahun 2024 ini.

Sumber:(TRIBUNBATAM.id/Noven Simanjuntak)


Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Matak

Kecamatan Kute Siantan

Kabupaten Kepulauan Anambas

Provinsi Kepulauan Riau

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia